Ringkasan Sigmund Freud

Inilah seorang psikologi yang bernama Sigmund Freud

IndFrosty - Sigmund Freud, pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi dia adalah seorang Austria pada era 1800-an. Tepat pada tanggal ini di tahun 1856, Freud lahir di muka bumi. Ia kemudian meninggal pada 23 September 1939 di usia 83 tahun.

Selama hidupnya, Freud banyak merumuskan teori dan konsep kejiwaan manusia. Salah satunya tentang alam bawah sadar yang diyakini memengaruhi sebagian besar perilaku seseorang.

Konsep tersebut berkembang lebih jauh pada era-era selanjutnya, seiring dengan perkembangan ilmu psikologi. Selain itu, Freud percaya bahwa perilaku manusia sangat dipengaruhi hasrat seksualnya.
Pengalaman seksual pertama manusia dirasakan saat bayi, tepatnya ketika disusui oleh ibu.

Pengalaman itu berkembang hingga memunculkan perilaku-perilaku lain yang disesuaikan dengan norma masyarakat.

Freud menjadi sorotan karena memilih metode pengobatan kontroversial untuk menyembuhkan orang dengan gangguan mental. Mulai dari metode hipnotis, hingga metode analisis mimpi yang dikembangkan dari konsep alam bawah sadar.

Terlepas dari itu semua, Freud adalah tokoh legendaris di bidang psikologi. Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisa sebagai karya sastra, filsafat, dan budaya umum.

Diskusi panjang mengenai pemikirannya pun masih terus dilakukan oleh para akademisi di bidang psikologi dan kedokteran. Beberapa istilahnya yang hingga sekarang digunakan antara lain "ego", "super ego", dan "kompleks oedipus".

Istilah "ego" merujuk pada sikap manusia yang ingin menonjolkan dirinya di tengah masyarakat. Sementara "kompleks oedipus" adalah sebuah sindrom yang mana seorang anak lelaki memiliki kecintaan yang begitu kuat terhadap ibunya. Seringkali sang anak cemburu pada ayahnya sendiri.

Doodle Sigmund Freud google 5/6/2016

Itulah ringkasan dari dari seorang yang sangat berpengaruh sampai-sampai Google memasang doodle di mesin pencarinya di tanggal 5-6-2016

Comments

  1. Sigmund freud memang berjasa dalam dunia psikologi terutama psikologi barat. Apalagi beliau yang mengenalkan bawah sadar, hipnotis, hipnoterapi, psikonalisa, hingga super ego atau ego.

    Cuma sayangnya, saya ga sependapat dengan pendapatnya dimana sigmund freud ini pernah mengatakan kalau manusia tanpa melakukan seks akan mati.

    Karena kehidupan bukan untuk seks, tapi hakikatnya buat ibadah.

    Makasih ulasannya, kalau ditambah sumbernya pasti mantap deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sarannya mass mungkin ada kesalahan dalam artikel ini mohon dimaklumi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Body Painting Lukisan yang Menipu Mata

Cara mendapatkan MMR tinggi DOTA 2 Part 2

Mengulas singkat Film "The Boy 2016"